OT Vozzmag - шаблон joomla Окна
Minta PPK Tidak Tergiur ?Godaan? Caleg

Minta PPK Tidak Tergiur ?Godaan? Caleg

Rate this item
(0 votes)

PAREPARE ? Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe minta  anggota  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)  tidak tergiur ?godaan? oknum caleg (calon anggota legislatif) yang bermaksud mencari jalan pintas dalam pemilu legislatif April mendatang.

Permintaan ini disampikan Taufan di sela-sela pelantikan anggota PPK dan PPS se Kota Parepare, di Hotel Kenari,  Kamis 9 Januari.  Acara ini dihadiri anggota KPU Sulsel, Khaerul Mannan dan Forum Komunikasi  Pimpinan Daerah Kota Parepare.

Taufan minta anggota PPK dan PPK  independen serta mengedepankan sikap netral dalam setiap tindakan dan kebijakan yang diambil. Dengan begitu, kata dia, pelaksanaan pesta demokrasi  pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden di daerah ini dapat berjalan kondusif, aman dan lancar.

Wali kota yang memenangkan Pemilukada Parepare Agustus lalu tersebut, menyatakan keyakinannya anggota PPK dan PPS Kota Parepare yang dilantik dapat bekerja profesional, karena memiliki kapasitas dan kompetensi yang tidak diragukan. 

Namun Taufan juga mengingatkan bahwa event pilkada (pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, red) berbeda dengan pemilu legislatif. Belum lagi kata dia, diantara PPK dan PPS yang ada besar kemungkinan memiliki tetangga atau keluarga yang ikut mencalonkan diri sebagai Caleg.

Dilema dan konflik kepentingan seperti itu,  jika tidak hati-hati dapat menjerumuskan seorang anggota PPK dan PPS dalam tindakan yang tidak profesional.

Taufan menjelaskan, peran pemda dalam menyukseskan pemilu legislatif dan presiden sangat dibutuhkan. Ia menginstruksikan camat dan lurah peduli dan membantu PPK dan PPS demi kelancaran pelaksanaan dua event besar tersebut.

Sikap  peduli kata Taufan, harus menjadi bagian dari komitmen pemerintahan pada semua tingkatan. ?Tahun ini tahu adalah tahun politik, ini telah menjadi wacana nasional sehubungan pemilu legislatif  yang harus didukung sepenuhnya oleh semua pihak,? tegasnya.

Senada wali kota, Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiah, minta anggota PPK dan PPS yang baru dilantik menjunjung tinggi netralitas. Jangan lagi kata dia, muncul rumor anggota PPK dan PPS menjadi juru kampanye salah satu peserta kontestan.

Peran PPK dan PPS kata Nahdia yang berlatarbelakang akdemisi STAIN Parepare ini, sangat strategis. PPK dan PPS adalah perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kecamatan, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Ia mengingatkan mereka untuk memperhatikan kode etik dalam melaksanakan tugas  dan melaksanakan semua tahapan program dan kegiatan penyelenggaraan Pemilu sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Anggota PPK dan PPS yang dilantik berjumlah 90 orang. Terdiri dari 66 anggota PPS untuk 22 kelurahan, dan 24 anggota PPK  untuk empat kecamatan. Setiap kelurahan memiliki tiga orang PPS dan empat orang setiap kecamatan.

dibaca 59490 kali Update pada 26 July 2015

1 comment

Komentari

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Social Media Humas